SELAMAT DATANG DI KELAS PAKTEHA

TRY OUT UN

Prediksi Soal UN IPA SD Sesuai dengan Kisi-kisi Tahun 2013 


Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Ketam kenari atau ketam kelapa adalah hewan yang memiliki ciri khas untuk memperoleh makanannya. Hewan ini dilengkapi capit panjang yang berfungsi ….
A. memanjat pohon kelapa dan membantu memberi makan anaknya
B. melindungi diri dari hewan lain yang mengancam keselamatan
C. untuk alat mendeteksi keberadaan musuh dan alat keseimbangan
D. untuk mengupas kelapa agar memperoleh daging buah tersebut
2.    Perhatikan tabel  berikut!
No.
Nama tumbuhan
1.
rambutan
2.
jambu biji
3.
salam
4.
jati
Dasar pengelompokkan  tumbuhan di atas berdasarkan . . . .
  • A.     jenis akar
  • B.     bentuk tulang daun
  • C.     jenis batang
  • D.     cara berkembangbiak

 3. Ular dapat dimanfaatkan oleh petani. Salah satu cara yang benar dalam pemanfaatan hewan tersebut adalah ….
A. selalu menggunakan tas dan sabuk dari bahan kulit ular asli karena kuat dan awet
B. menjaga keberadaan populasi ular untuk membantu dalam membasmi tikus
C. mengambil bagian kulitnya untuk bahan obat-obatan tradisional dan medis
D. membuat penangkaran ular di tempat khusus sehingga keberadaan ular di sawah habis
4. Hewan penyu, rusa bertanduk, merak dan duyung keberadaannya perlu dilestarikan. Hal ini bertujuan …..
A. menjaga keseimbangan ekosistem sesuai komunitas hewan-hewan tersebut
B. agar hewan-hewan tersebut berkembang biak di komunitas yang berbeda
C. agar jumlah populasi hewan tersebut bertambah untuk diekspor ke Eropa
D. menjaga kestabilan harga bahan baku souvenir dari bagian hewan-hewan tersebut 
5.  Perhatikan gambar berikut !
 
Kedua makhluk hidup tersebut berkembangbiak dengan cara ....
  A. P = bertelur  dan Q = umbi akar
  B. P = beranak  dan Q =  akar tingal
  C. P = bertelur  dan Q = stek  batang
D.  P = beranak  dan Q = cangkok
6.    Perhatikan gambar berikut!
     
Daur hidup kedua jenis hewan sesuai gambar di atas yang paling benar yaitu ….
Pilihan
1
2
A
telur → jentik-jentik→ pupa → nyamuk muda → nyamuk dewasa
telur → ulat→ kepompong → kupu-kupu muda → kupu-kupu dewasa
B.
telur → jentik-jentik→ pupa → nyamuk muda → nyamuk dewasa
telur dalam selubung tempayak kecoak dewasa
C.
telur → ulat→ kepompong → kupu-kupu muda → kupu-kupu dewasa
telur → jentik-jentik→ pupa → nyamuk muda → nyamuk dewasa
D.
telur → pupa → jentik-jentik → nyamuk muda → nyamuk dewasa
telur → ulat→ kepompong → kupu-kupu muda → kupu-kupu dewasa
7. Simbiosis parasitisme merupakan salah satu jenis hubungan antara makhluk hidup. Salah satu contoh hubungan tersebut adalah ….
A. sisa-sisa makanan ikan hiu dimakan oleh ikan remora
B. burung jalak yang memakan kutu di punggung kerbau
C. anggrek dan paku sarang menempel pada pohon lain
D. jenis cacing perut yang ada dalam lambung manusia
8. Perhatikan skema rantai makanan berikut!
Peran komponen ekosistem dalam rantai makanan sesuai gambar di atas sebagai berikut :
Pilihan
Rumput
Belalang
Katak
Ular
Elang
Jamur
A.
Produsen
Konsumen IV
Konsumen III
Konsumen
II
Konsumen I
Pengurai
B.
Produsen
Konsumen
I
Konsumen
II
Konsumen
III
Konsumen IV
Pengurai
C.
Pengurai
Konsumen IV
Konsumen III
Konsumen
II
Konsumen I
Produsen
D.
Pengurai
Konsumen
I
Konsumen
II
Konsumen
III
Konsumen IV
Produsen
9. Tumbuhan air yang mempunyai ukuran daun lebar dan perakaran yang panjang dapat dimanfaatkan oleh ikan sebagai ....
     A. pengatur suhu
     B. penghasil O2
     C. tempat berlindung
     D. sumber makanan
10. Kegiatan manusia dalam menggunakan pupuk buatan yang berlebihan akan mengakibatkan hal-hal yang mengganggu keseimbangan lingkungan. Hal ini terjadi karena kelebihan pupuk yang terbawa air ke sungai atau danau menyebabkan ….
A.  unsur hara dalam air sungai atau danau berkurang sehingga gulma, eceng gondok dan makhluk hidup lain di dasar sungai pertumbuhannya terganggu 
B.  gulma dan eceng gondok tumbuh subur menutupi permukaan sungai atau danau sehingga makhluk hidup dalam sungai tidak mendapat sinar matahari
C.  unsur hara dalam air sungai atau danau bertambah sehingga gulma, eceng gondok dan makhluk hidup lain di dasar sungai pertumbuhannya terganggu
D.  gulma dan eceng gondok semakin habis sehingga menutupi permukaan sungai atau danau sehingga makhluk hidup dalam sungai tidak mendapat sinar matahari
11. Perhatikan gambar berikut!
 
Hewan mempunyai bentuk mulut seperti gambar di atas merupakan salah satu cara beradaptasi dengan lingkungan. Bentuk adaptasi tersebut bertujuan untuk ….
A. menusuk kulit manusia kemudian menghisap darah
B. menjilat makanan berupa nektar dari bunga
C. menyerap makanan terutama yang berbentuk cair
D. melindungi diri dari musuh yang mengganggu
12. Pada batang tumbuhan dikotil terdapat jaringan yang aktif tumbuh yaitu jaringan kambium. Jaringan kambium pada tanaman dikotil berperan dalam  ….
A. pembesaran ukuran batang tumbuhan
B. sebagai tempat menyimpan cadangan makanan dan menyerap mineral
C. menyerap air dan mineral serta sebagai alat perkembangbiakan
D. sebagai tempat terjadinya proses asimilasi, oksidasi dan fotosintesis 
13.  Perhatikan gambar berikut!
 
Bagian pada gambar yang bertanda X berfungsi untuk ....
A. menerima rangsang bunyi dan meneruskan ke bagian yang lebih dalam
B. menangkap getaran suara dan memperbesar getaran suara
C. melembabkan udara dan mengubah getaran bunyi menjadi signal-signal
D. mengubah impuls dan diteruskan ke otak
14. Proses pernapasan yang terjadi pada alat indera yang terdapat pada rongga hidung yaitu ….
A. pengikatan oksigen dan pelepasan karbondioksida  
B. menyaring udara kotor yang masuk rongga hidung oleh  rambut hidung
C. menerima rangsang bau melalui saraf pembau untuk diteruskan ke otak
D. menghasilkan lendir untuk membunuh bibit penyakit yang masuk bersama udara
15. Perhatikan gambar berikut!   
Proses yang dilakukan oleh enzim yang dihasilkan oleh alat pencernaan yang ditunjuk dengan tanda à pada gambar di atas adalah ….
A.    membunuh kuman penyakit dalam  makanan
B.     mengubah lemak menjadi asam lemak
C.     mengubah zat tepung menjadi zat gula
D.    mengubah protein menjadi pepton
16.  Perhatikan gambar bagan peredaran darah berikut!     
Aliran darah manusia yang banyak mengadung oksigen ditunjukkan dengan urutan ... .
A.  6 --> 8 --> 7 --> 10 --> 11 dan 12 -->  8 --> 7 --> 10 -->11
B.  9 --> 2 --> 3 --> 4 --> 5  dan 6 --> 8 --> 7 --> 10 --> 11
C.  9 --> 2 --> 3 --> 4 --> 5  dan 9 --> 2 --> 3 --> 1 --> 13
D. 12 -->  8 --> 7 --> 10 -->11  dan 9 --> 2 --> 3 --> 1 --> 13
17.  Perhatikan gambar rangka manusia di bawah ini!
Bagian yang ditunjukkan angka 1 dan 2 pada gambar di atas disebut  ....
A.   tulang pengumpil dan tulang belikat
B.   tulang rahang atas dan tulang dahi
C.   tulang pelipis dan tulang pipi
D.  tulang dahi dan tulang rahang bawah
18. Perhatikan pernyataan berikut!
1). Membantu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh
2). Membentuk sel darah merah
3). Membantu pembentukan tulang
4). Mencegah kerusakan gigi.
5). Membantu pembentukan gigi.
6). Membantu kerja otot dan saraf.
7). Mencegah penyakit anemia
8). Mencegah penyakit gondok
 Fungsi mineral jenis zat besi dalam tubuh manusia ditunjukkan nomor ….
A. 1, 3 dan 5
B. 2, 6 dan 7
C. 3, 4 dan 5
D. 4, 5 dan 8
19. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1)  Orang akan berpikir untuk bekerja dan menikah mulai usia 20 tahun
2)  Ketajaman indera penglihatan berkurang dan rambut mulai beruban pada usia di atas 40 tahun
3)  Mulai tertarik dengan lawan jenis pada usia remaja
4)  Pada masa remaja mengalami menstruasi pada perempuan dan mimpi basah pada laki-laki
5)  Muncul perasaan egosentris ( ingin menang sendiri ) mulai usia 3 tahun
Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia ditunjukkan pada nomor ….
A. 2 dan 4
B. 3 dan 4
C. 4 dan 5
D. 5 dan 1
20. Penyakit anemia merupakan penyakit yang tidak menular. Namun demikian perlu ada  upaya pencegahannya yaitu....
        A. membiasakan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi
        B. mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C
        C. tidak mengonsumsi  makanan yang mengandung kolesterol
        D. mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan protein
21. Perhatikan beberapa kegiatan berikut ini!
1.
menjemur baju basah
2.
membuat agar-agar
3.
meneteskan ujung lilin yang menyala
Pada kegiatan di atas, jenis perubahan wujud yang tepat secara berurutan adalah . . . .
A. menguap, membeku, meleleh
B.   mencair,  membeku, menguap
C. menguap, mencair, menyublim
D. menyublim, menguap ,mencair
22. Kabel listrik merupakan bagian penting dalam rangkaian listrik. Untuk itu bahan yang digunakan untuk membuatnya harus mempunyai sifat-sifat tertentu, antara lain ….
A. keras, kuat, tahan panas, serta dapat menghantarkan listrik dan panas dengan baik
B. lentur, kuat, tahan panas, serta dapat menghantarkan listrik dan panas dengan baik
C. elastis, kuat, tidak tahan panas dan dapat menghantarkan panas dengan baik
D. keras, kuat, tidak tahan panas,  tidak tembus air dan dapat menghantarkan listrik
23.  Nelayan tradisional melaut pada malam hari dan kembali siang hari. Kegiatan ini memanfaatkan adanya pengaruh suhu terhadap udara yaitu …
A. siang hari suhu udara di laut lebih tinggi daripada di darat angin bertiup dari laut ke darat
B. pada malam hari suhu udara di darat lebih rendah daripada di laut sehingga angin bertiup dari darat ke laut.
C. pada siang hari suhu udara di darat lebih tinggi daripada di laut sehingga angin bertiup dari laut ke darat
D. pada siang hari suhu udara di laut lebih tinggi daripada di darat sehingga angin bertiup dari darat ke laut.
24. Pada saat membakar sampah, asap yang membumbung tinggi  terasa panas. Hal tersebut termasuk salah satu cara perpindahan panas secara ….
A. konveksi karena ada pancaran panas yang sampai ke tubuh kita
B. konveksi karena panas mengalir bersama udara dan uap air
C. konduksi karena panas merambat melalui benda yang tidak berpindah
D. radiasi karena panas berpindah tanpa melalui zat perantara
25. Perhatikan gambar berikut!
 
Jenis gaya yang dimanfaatkan pada kegiatan sesuai gambar di atas secara berurutan yaitu ….
A. gaya gesek, gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya listrik
B. gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet dan gaya listrik
C. gaya gesek, gaya magnet, gaya listrik dan gaya gravitasi
D. gaya gesek, gaya listrik, gaya magnet dan gaya gravitasi
Untuk mendapatkan soal dan kunci jawaban silakan download melalui link dibawah ini:

Read more: http://007indien.blogspot.com/2013/04/prediksi-soal-un-ipa-sd-sesuai-dengan.html#ixzz2UVh5VITl

Bagi para siswa kelas VI yang ingin berlatih mengerjakan mencoba beberapa soal secara ONLINE bisa telusuri link di bawah. SOAL ONLINE ini bisa Anda pergunakan sebagai latihan dalam menghadapi UAS/UN 2013. Kami berharap semoga adik-adik serta anak didikku diberi kelancaran dalam menghadapi UAS/UN 2013 dan dapat meraih nilai yang memuaskan. SELAMAT BELAJAR
silakan di coba satu persatu

Posting Komentar

'/>
 
Support : PAKTEHA | Creating Website | tehaharyanto@gmail.com | | tehaharyanto@gmail.com
Copyright © 2015. KELAS PAK TEHA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by KELAS PAKTEHA
Proudly powered by PAKTEHA